BIM (Bersama Inner Motivation) Dengan Tema MINDSET KEBAHAGIAAN

 Irama,  16-08-2016 08:37:48

  

MINDSET KEBAHAGIAAN

Pembicara:Fatkhurohman

Hari: Rabu, 27 April 2016

bahagiaPada dasarnya manusia hidup bahagia. Dalam kenyataannya, banyak manusia setiap hari mengalami perasaan susah (tidak bahagia). Seseorang tidak bahagia karena mempunyai emosi negatif, antara lain: galau, sedih, iri, dendam, takut, kuatir, tidak bisa menerima keadaan.

Peristiwa atau kejadian yang dialamai oleh manusia pada dasarnya adalah netral. Manusia mempunyai emosi negative adalah karena pikirannya. Ketika seseorang bisa mengelola pikirannya  ( mindset ) dengan positif terhadap kejadian atau peristiwa yang dihadapi, maka ia dapat merasakan bahagia. Namun ketika seseorang menggunakan mindset negatif maka akan muncul emosi negatif.

Kebahagiaan berbeda dengan kepuasan. Kebahagian adalah kesenangan secara sempurna. Kepuasan adalah rasa senang karena terpenuhinya keinginan seseorang. Keinginan ini bisa positif atau negatif. Seseorang bisa merasakan puas ketika bisa menganiaya temannya. Namun ia tidak bahagia karena untuk mendapatkan kepuasan ia memenuhi keinginan negative yaitu melampiaskan dendam dengan cara menganiaya.

Agar kita selalu bahagia ada beberapa mindset atau persepsi terhadap peristiwa antara lain :

  1. Bahagia ketika memberi

Ada seseorang membeli nasi bungkus komplit dengan lauk daging yang sangat lezat dari restoran ternama. Ia  memberikan nasi tersebut  kepada orang yang tidak punya kebetulan seharian belum makan, maka betapa nikmatnya dan bahagianya orang yang mendapatkan rejeki nasi bungkus. Namun akan lebih bahagia bagi orang yang memberi makan nasi bungkus ketika  ia bisa melihat betapa lahapnya makan nasi bungkus yang ia berikan.

Sebaliknya bagi mindet bahwa akan bahagia ketika menerima, ia sering mengharapkan pemberian orang. Ternyata harapan sering tinggal harapan, sehingga menjadi susah. Maka orang tamak sulit untuk mendapatkan kebahagiaan.

 

  1. Bahagia ketika ikhlas

Ketika seseorang yang sedang terkurangi rejekinya ( finansial, kesehatan, kesempatan, bencana, dll ) kemudian ikhlas, maka emosi negative ( rasa kecewa, marah, ) akan hilang dan berganti menjadi bahagia karena ikhlas. sebaliknya, orang tidak ihlas, ada bagian tubuh terasa tidak nyaman. Tidak nyaman tersebut adalah sebuah bentuk protes dari ketidak ikhlasan.

 

  1. Bahagia ketika bisa menerima kenyataan

Ketika sesuatu yang diharapkan oleh seseorang tidak kunjung datang, biasanya kekecewaan akan muncul. Orang yang menerima kenyataan bahwa keinginanya belum  realisasi menjadikan ia bahagia karena rasa kecewanya hilang ditambah keyakinan bahwa sesuatu yang diharapkan akan hadir melebihi kenyataan yang diharapkan.

  1. Bahagia ketika bisa memaafkan diri sendiri, orang lain, barang sekitarnya.

Sering orang menyalahkaan diri sendiri dan orang lain dan bahkan barang sekitar sebagai penyebab kejadian yang menjadikan muncul rasa marah atau kecewa. Marah termasuk penyakit kebahagian. Kadang orang menyalahkan dirinya sendiri, kenapa kok saya datang ke rapat padahal bisa diwakilkan.

 

  1. Bahagia ketika bisa menerima dirinya sendiri secara utuh

Seseorang putri kaya  tidak percaya diri dengan penampilan wajah,  Maka ia akan berusaha mati matian untuk tampil cantik secara maksimal. Namun ternyata ketika melihat orang lain, ia masih merasa kalah cantik dalam penampilan. Ia kemudian muncul dalam pikiran untuk mengatur strategi untuk bisa tampil mengalahkan penampilan kecantikan orang lain. Orang yang mempunyai pikiran dan perasaan untuk selalu mengalahkan orang lain, maka ia tidak akan merasa bahagia.

 

  1. Bahagia ketika bisa bersyukur

Orang yang bisa bersyukur maka akan terasa nikmat. Bagi yang tidak mau bersyukur maka ia tidak bisa menikmati hidup dengan bahagia. Secara paham  agama ( Islam ), bahwa orang yang  bersyukr akan ditambah nikmatnya ( kebahagiaannya ).

 

  1. Bahagia ketika bisa membahagiakan kepada orang lain

Egois adalah musuh besar kebahagiaan. Orang egois adalah orang yang tidak mau berbagi kepada orang. Ketika hak orang egois diganggu orang lain maka ia akan mudah marah dan tidak ikhlas

 

  1. Kebahagiaan tidak tergantung materi

Kebahagiaan seseorang tidak bisa diukur dengan materi ( kekayaan ). Kekayaan bersifat tidak kekal. Ketika kekayaan rusak ( berkurang ) maka kebahagiaan juga akan rusak.

 

  1. Bahagia ketika bisa melakukan kuajiban dan menjauhi yang dilarang

Orang yang menjalankan agama dengan baik , maka ia akan merasakan kebahagiaan. Orang yang memeluk agama dengan keyakinan tinggi bahagia akan merasa tidak nyaman ( berdosa ) ketika semua kuajiban tidak dilaksanakan. Misal sebagai orang Islam ketika tidak atau belum menjalan rukun Islam ( Syahadat, solat, zakat, puasa, haji ) maka ia belum bisa merasakan kebagian yang sempurna. Demikian juga ketika masih melaksanakan sesuatu yang  dilarang ( haram ), maka ia akan terasa terganggu kenyamanannya.

Demikian juga bagi Warga Negara Indonesia yang baik ketika melanggar peraturan dan perundang-udangan ( WNI ) maka ia akan terasa tidak nyaman. Misalnya menerobos jalan lapu masih menyala warna merah.

 

  1. Bahagia ketika bisa senyum dengan nyaman

Sebagai indikasi seseorang merasa bahagia adalah kerika bisa senyum dengan terasa nyaman, karena orang yang sedang susah ia akan sulit untuk senyum yang nyaman                 ( bahagia ). Orang yang tidak mempunyai beban pikiran dan emosi negative maka ia akan mudah senyum.

Kebahagiaan adalah bersumber dari diri sendiri, bukan dari orang lain, bukan dari barang sekitar kita, bukan karena uang maupun  harta. Bahagia terwujud karena kita ciptakan sendiri dengan bahan baku : ikhlas, memaafkan, sabar, pasrah, bersyukur, memberi, berbagi, menerima apa adanya, melaksanakan kuajiban dan menjauhi larangan aturan yang ada dan emosi positif lainnya.

 

 

 

 

 грузомобиль китайский ноутбукноутбуки ценыноутбук intelтоп Макси topodinникас кернесареклама на машинеgtrade сайты онлайнраскрутка автомойкигостиницы г.новосибирскавиртуальный номер спбpr проект этоавстрийское консульствоподъем негабаритного груза в москвекак раскрутить сайт в googleразвлеченияworld shipping company

Tags: , , , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN