BPBD Purworejo bentuk Tim Pelaksana dan Pendukung Kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami Tahun 2019

 Radio Irama FM,  14-07-2019 10:53:19

  

BPBD Purworejo bentuk Tim Pelaksana dan Pendukung Kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami Tahun 2019 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Purworejo membentuk tim Pelaksana dan Pendukung untuk Kegiatan Ekpedisi Destana Tsunami tahun 2019 Regional Segmen kabupaten Purworejo. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2019 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPBD Purworejo  Drs Sutrisno Msi saat memberikan  pengarahan  pada Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Pelaksana dan Pendukung Kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami Tahun 2019 Regional Segmen Kabupaten Purworejo Hari Kamis 11 Juli 2019 bertempat di Aula Kantor BPBD Kabupaten Purworejo

Kegiatan ekspedisi tersebut juga melibatkan kepolisian dan TNI 0708 serta instansi terkait lainya. Untuk tahap pelaksanaan akan dilakukan secara bertahap yakni dari Banten selama 6 hari Provinsi Jawa Barat selama 7 hariProvinsi Jawa Tengah dan DIY selama 9 hari kemudian Provinsi Jawa Timur selama 10 hari.

Acara juga melibatkan Penthahelix yakni bekerja sama dengan pemerintah masyarakat atau relawan, lembaga usaha, akademisi dan media. Setiap Segmen dikoordinasi oleh Kasubdit PM dengan maximal 200 orang. Kegiatan serah terima Ebendera Pataka di desa Jangkaran Kuloprogo dengan peserta dari tim BNPB, Tim BPBD Provinsi Jawa Tengah Tim BPBD Kabupaten Kulonprogo Tim Kabupaten Purworejo, Sekda, BPBD dan Muspika Purworejo.

Disampaikan oleh Kabid Kesiapsiagaan bencana yakni Drs Edi Purwanto Kegiatan ini nantinya akan ada pembekalan yang melibatkan aparatur desa, kecamatan, babinsa, babinkamtibmas. Sedangkan kegiatan Goes to school melibatkan 10 Sekolah Dasar (SD) meliputi inventarisasi ketangguhan menghadapi tsunami serta penanaman vegetasi pelindung. Adapun aktivitas per point untuk masyarakat yaitu pertunjukan tentang kesiapsiagaan bencana pemutaran film kebencanaan penjelasan serta sosialisasi tentang kebencanaan. Untuk peserta Ekpedisi sendiri yakni meliputi pembuatan api unggun, evaluasi dan breafing.

Kegiatan ini menargetkan desa dan kecamatan yakni ada dari kecamatan Grabag yang meliputi 6 desa yaitu Kertajayan, Munggangsari, Ketawangrejo, Patutrejo, Harjobinangun dan Nambanga. Kemudian Kecamatan Ngombol yang meliputi 9 desa yakni desa Keburuan, Depokrejo, Malang, Pagak, Wero, Girirejo, Ngentak, Wonosari dan Awu- awu. Serta Kecamatan Purwodadi yang melibatkan 9 desa yakni Jatimalang, Jatikontal Gedangan Karanganyar Jogoboyo, Watukuro, Geparang Nampungrejo dan Kentengrejo. Semua berjumlah 24 desa dari 3 kecamatan di Purworejo.

Untuk penentuan point Jalur kegiatan Ekpedisi di tentukan di desa Jatimalang dan Jogoboyo kecamatan Purwodadi kabupaten Purworejo. Dan untuk Peralatan Penunjang Pelaksanaan Ekspedisi akan melibatkan dari berbagai pihak ada dari BPBD Dinas Pendidikan Dan Olahraga, Dinas Kepariwisataan Dan Kebudayaan, PLN, PMI dan Media.

Tags: , , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN