Sistem Zonasi Sempat Membuat Masyarakat Bingung

 Radio Irama FM,  02-07-2019 15:44:59

  

 

Sistem Zonasi Sempat Membuat Masyarakat Bingung

Beranda Purworejo Sistem Zonasi

Sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang di keluarkan oleh Mendikbud RI dan Mendagri RI membuat sekolah favorit khawatir prestasinya akan merosot. Di sisi lain zonasi menjadi alasan agar prestasi sekolahan merata bahkan Pemkab Purworejo Jawa Tengah siapkan cara untuk menangani hal tersebut.

Kekhawatiran yang memberatkan bagi sekolah yang ada di ring 10 besar karena tidak terbiasa dalam prosesnya itu menerima input yang pas pasan dengan Sistem zonasi dengan tidak mempertimbangan hasil ujian nasional maka itu akan merepotkan dalam proses pembelajaran dan menyulitkan dalam menghadapi persaingan kualitas untuk mempertahankan prestasi akademik

Beberapa kepala SMP N favorit di Purworejo pun menyampaikan tanggapannya terkait sistem zonasi dalam PPDB 2019. Termasuk soal kekhawatiran peringkat sekolah yang akan merosot karenanya.

Namun Sistem zonasi ini terutama zona utama nyata-nyata telah menerima siswa dengan nilai yang rendah atau tanpa mempertimbangkan nilai Nem. Seperti misal sekolah favorit seperti di SMP N 2 Purworejo nyata menerima siswa dengan sistem zonasi utama padahal diketahui di sekolah favorit tersebut selalu memiliki batas penerimaan siswa dengan nilai yang tinggi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purworejo, Sukmo Widi Harwanto mencoba memberikan pengertian kepada sekolah-sekolah untuk menghilangkan kekhawatiran itu, karena memang hal tersebut untuk pemerataan prestasi dan menghilangkan kastanisasi. Beliau juga  menepis isu keresahan sekolah yg sempat dikabarkan kekurangan siswa. Dimana sempat adanya isu bahwa ada 11 sekolah SMP Negeri di Purworejo kekurangan peserta didik baru. Penjelasan disampaikan juga oleh beliau  untuk para orang tua calon peserta didik baru dengan adanya nilai positif dan negatif dalam menanggapi pro kontra yg ada di kabupaten Purworejo dimana sempat banyak masyarakat menilai sistem zonasi ini tidak efisien dan tidak adil juga ada yg berpendapat menguntungkan. Ditambahkan oleh Sukmo Hingga penerimaan peserta didik baru ditutup pada tanggal 20 Juni 2019 tidak ada hambatan apapun

 

Diketahui PPDB dengan sistem zonasi sempat membuat masyarakat bingung dan resah namun sebenarnya sistem zonasi ini diterapkan karena memiliki tujuan mulia yang bertujuan untuk pemerataan pendidikan.

 

Tags: , , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN