Sosialisasi Pajak dan Retribusi Daerah

 Radio Irama FM,  19-07-2019 13:55:53

  

Sosialisasi Pajak dan Retribusi Daerah

 

Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah ( BPPKAD ) Kabupaten Purworejo mengadakan kegiatan sosialisasi pajak dan retribusi daerah bagi para pengusaha rumah makan, catering dan penyelenggara reklame yang diadakan kemarin hari Selasa 16 Juli 2019 di Ruang Arahiwang Kantor Setda Kabupaten Purworejo.

Sesuai perda nomor 9 tahun 2010 objek pajak adalah semua penyelenggara reklame, termasuk reklame papan, billboard, videotron, megatron dan sejenisnya subjek pajak orang pribadi atau badan yang menggunakan reklame. tarif pajak 25 persen dari nilai sewa reklame. sedangan pajak restoran perda nomor 10 tahun 2010 adalah objek pajak adalah setiap pelayanan yang disediakan oleh restoran. pelayanan yang disediakan meliputi pelayanan penjualan makanan dan atau minuman yang dikonsumsi oleh pembeli, baik konsumsi ditempat pelayanan maupun tempat lain. antara lain rumah makan, warung akan, kafetaria, katering, kantin, jasa boga, pedagang kaki lima. tarif pajak 10 persen dari jumlah pembayaran.

Dalam kegiatan ini salah satu penyampai materi dari satuan polisi pramong praja damkar ( satpol PP damkar ) kabupaten Purworejo yaitu Kepala Bidang penegak perda Mujono,S.H. Mujono menjelaskan mengenai visi misi tugas fungsi dan wewenang SatpolPP Damkar. wewenang dalam hal ini antara lain melakukan pendataan restoran dan warung makan serta pemakaian kekayaan daerah melaksanakan pembinaan dan pengawasan bagi para pengusaha restoran dan warung makan.

Dra Woro Widyawati Kepala BPPKAD dalam sesi wawancaranya menyampaikan  Pada dasarnya Warung makan dan Catering memiliki potensi yang tinggi namun target pendapatannya rendah karena pajak ini berbeda dengan pajak PBB dan Kendaraan pajak ini berasal dari perhitungan usaha itu sendiri  yang dibebankan kepada konsumen sebesar 10 %. Setelah itu BPPKAD akan melakukan Validasi ke setiap tempat usaha / apakah data yang ada pada BPPKAD dan data para pemilik usaha valid.

Woro menambahkan bahwa tujuan diadakanya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran taat pajak kepada pemilik usaha warung dan catering sesuai dengan Undang-Undasng wajib pajak. Hasil pajak ini tentunya akan kembali ke masyarakat itu sendiri baik pajak dari daerah maupun pusat. Kegiatan pagi ini juga himbauan dari KPK untuk pengoptimalan pendapatan daera.

Pada sesi wawancara yang lain Lasmini S.E, M.Acc Kabid pendapatan transfer dan lain lain Pendapatan Daerah pemungutan pajak daerah juga akan dimonitor oleh KPK Harapannya Pendapatan Anggaran Daerah meningkat karena sekarang dana dari pusat yg final hanya dana alokasi tergantung pendapatan pusat. semua sistem perpajakan akan dialihkan menggunakan sistem online supaya meminimalkan terjadinya kebocoran. Kerja sama yang dilakukan BPPKAD bersama dengan Bank Daerah Jawa Tengah untuk segala jenis pemungutan pajak.

Tags: , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN